Belum juga dikaruniai keturunan? Mungkin sperma anda loyo

24 10 2009

Spekrma
Bagaimana cara pria “memproduksi” anak?
50 juta sperma dilepaskan lewat satu kali ejakulasi pada pria normal. Jutaan sperma tersebut kemudian akan melakukan sebuah perjalanan jauh menuju vagina, serviks dan tuba fallopi. Dari 50 juta sperma tersebut hanya satu atau dua buah saja yang akan berhasil mencapai telur yang siap dibuahi.

Penelitian kondisi kesehatan sperma
Hingga saat ini, kesehatan sperma masih diidentifikasi melalui observasi dengan mikroskop untuk melihat kecepatan dan bentuk mereka. Nantinya seiring dengan kemajuan pengetahuan, tingkat kesehatan sperma bisa dilihat dari komposisi sperma sehingga hasilnya lebih akurat.

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa jumlah sperma pada pria kian menurun di seluruh belahan dunia. Bahkan di Denmark tercatat penurunan jumlah sperma hingga 1 persen per tahun sejak 50 tahun lalu.

Apa yang bisa saya lakukan untuk membuat sperma saya sehat dan potensial?
Perlu diingat bahwa masih banyak yang harus

dipelajari mengenai kesuburan pria. Yang pasti, apapun yang sehat bagi manusia juga baik bagi sperma.

Celana ketat, celana dalam, bahan sintetis dan panas
Hal-hal tersebut terbukti bisa mempengaruhi kesuburan pria. Maka dari itu, ada baiknya anda menggunakan celana longgar pada saat tidur (tanpa celana dalam!). Dan yang perlu diketahui: area skrotum harus berada dalam suhu 4 derajat lebih rendah daripada suhu tubuh.

Iklim
Beberapa ahli sependapat bahwa iklim, musim, posisi negara, wilayah dan sebagainya turut berpengaruh pada jumlah dan kesuburan sperma. Satu penelitian menunjukkan bahwa jumlah sperma pada pria yang tinggal di Findlandia jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tinggal di Inggris.

Hot tub
Berendam air hangat secara rutin terbukti menurunkan jumlah sperma. Biasakanlah mandi dengan pancuran.

Alkohol
Alkohol dapat merusak sperma. Batasi asupan alkohol anda jika keinginan anda adalah segera memiliki keturunan.

Obat-obatan
Ada sejumlah obat yang bisa mempengaruhi kesuburan, diantaranya adalah steroid, cytotoxic yang biasa digunakan dalam pengobatan kanker, serta opiates. Hubungi dokter anda jika anda sedang berada dalam perawatan pengobatan jangka panjang. Biasanya dokter akan memperingati anda efek sampingnya, tapi dokter juga manusia yang bisa alpa.

Merokok
Para perokok terbukti memiliki tingkat kesuburan separuh dibawah mereka yang tidak merokok.

Waktu
Jumlah sperma pada pagi hari lebih banyak dibanding waktu-waktu lainnya. Jadi, pagi hari adalah saat yang tepat untuk membuat bayi….

Ejakulasi yang berlebihan dan “puasa” yang terlalu lama
Keduanya terbukti mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Ejakulasi tiap 2 hingga 3 hari sekali cukup untuk menjaga volume sperma anda.

Diet
Diet yang sehat dan seimbang itu amat penting. Di dalam tubuh yang sehat terdapat sperma yang sehat!

Suplemen
Asam folik yang berpadu dengan zinc sulfat terbukti dapat meningkatkan jumlah sperma. Jumlah sperma pada pria bisa meningkat hingga 74% setelah mengkonsumsi suplemen-suplemen tersebut.

Cari pendapat ahli
Jika anda khawatir dengan kondisi sperma anda, lebih baik segera hubungi dokter. Beberapa tes sederhana pada sperma serta tes fisik secara umum akan memberi anda jawaban pasti


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: