Vitamin Pencegah Jerawat

31 10 2009

1128427p
Jerawat sering dikaitkan dengan masa pubertas. Padahal, jerawat seringkali hadir pada seseorang yang berusia di atas 30 tahun. Selain di wajah, jerawat juga bisa muncul di punggung, dada, leher, dan bagian tubuh lain.

Jerawat timbul saat kelenjar minyak di bawah permukaan folikel rambut di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Kandungan minyak ini normalnya akan dikeluarkan lewat pori untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan terlubrikasi.

Penyebab jerawat pada dasarnya ada tiga, pertama, karena sumbatan dari luar yang berasal dari lapisan kulit mati. Kedua, karena produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Ketiga, karena terjadi peradangan. Ketiga faktor itulah yang menjadi biang jerawat begitu dipicu faktor genetik, hormon, gaya hidup yang salah, ditambah adanya pengaruh radikal bebas.

Kulit wajah yang kotor bukanlah penyebab utama jerawat. Para ahli justru menyebutkan perubahan hormon sebagai penyebab timbulnya jerawat. Ketidakseimbangan hormon tadi akan menyebabkan produksi sebum berlebih. Selain masa puber, ketidakseimbangan hormon juga dialami oleh wanita hamil, siklus menstruasi, serta menopause.

Pada masa remaja, hormon androgen menjadi aktif dan merangsang kelenjar minyak pada kulit, menyebabkan meningkatnya produksi minyak. Akibat produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan bintik-bintik yang biasanya berwarna hitam.

Pemicu lain timbulnya jerawat adalah stres emosional, iritasi kulit akibat pengelupasan, serta penggunaan alat kontrasepsi serta obat yang menganggu keseimbangan hormon.

Selain menjaga kebersihan wajah agar pori-pori tidak tersumbat, ada beberapa vitamin yang efektif menangkal jerawat. Dalam buku The Healing Power of Vitamins, Minerals, and Herbs, disebutkan vitamin A adalah vitamin yang penting untuk mengontrol produksi sebum.

Vitamin lain yang berfungsi untuk menyeimbangkan hormon adalah vitamin B6 yang disarankan untuk ketidakseimbangan hormon saat periode menstruasi dan menopause. Konsumsi pula vitamin C untuk meningkatkan sistem imun, mengurangi bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan, dan menjaga agar kadar hormon selalu sehat.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: