Berbicara Bahasa Jepang Dengan Mudah

9 11 2009

Ketika kita mulai mempelajari bahasa yang baru, langkah pertama yang dilakukan yaitu mempelajari sejumlah kata-kata yang sederhana. Kita akan dapat mulai berkomunikasi dengan kata-kata sederhana dan juga akan dapat memahami beberapa kata ketika mendengarkan apa yang dikatakan di dalam percakapan bahasa Jepang.

Berikut ini beberapa kata sedehana yang dapat dipelajari dengan cepat dalam percakapan bahasa Jepang misalnya kata “Konnichiwa” artinya Selamat siang atau Selamat sore. Merupakan ungkapan persalaman yang dipergunakan pada waktu bertemu dengan orang lain pada waktu siang atau sore hari.

Atau kita mungkin ingin bertanya tentang kabar atau kondisi, untuk ini dapat dipakai kata “Ogenki desu ka” Yang berarti Bagaimana kabarnya? atau Apa kabar?. Ungkapan “Ogenki desu ka” biasanya dijawab dengan ungkapan “Hai, genki desu” artinya Ya, sehat-sehat saja.

Berikut ini bagaimana berkata Ya dan Tidak. Ya adalah “Hai” dan “Tidak” adalah “Iie” salah satu yang paling mudah digunakan dalam bahasa Jepang. Digunakan tidak hanya untuk menyetujui, tetapi untuk menunjukkan bahwa kita memahami apa yang orang lain katakan.

Ini sebabnya kenapa kadang-kadang ada kebingungan ketika orang Jepang berkata Ya, dalam percakapan, ini berarti bahwa mereka memahami apa yang telah kita katakan, tetapi tidak harus menyetujuinya. Jika kita mendengarkan percakapan bahasa Jepang akan sering mendengar kata “Hai” dan “Iie”.Dipakai untuk mengkonfirmasikan bahwa mereka memahami apa yang orang lain katakan.

Banyak orang tahu bahasa Jepang untuk Terima kasih adalah “Arigatou”. Merupakan ungkapan yang dipergunakan untuk menyatakan terima kasih atas suatu pemberian, bantuan perhatian dari orang lain. Ungkapan ini akan terasa lebih halus apabila diucapkan secara lengkap “Arigatou gozaimasu” atau “Arigatou gozaimashita “.

Ungkapan “Arigatou” biasanya dijawab dengan ungkapan “Dou itashimashite” atau “Iie Douitashimashite” yang dapat berarti Terima kasih kembali atau dapat dijawab pula dengan ungkapan “Kochira koso arigatou gozaimasu” yang berarti Sayalah yang berterima kasih.

Kita akan sering mendengar kata “Sumimasen” yang berarti Maaf. Dipakai untuk menyatakan permintaan maaf karena tidak berlaku sopan atau karena mempunyai kesalahan. “Sumimasen” pun diucapkan untuk mengharapkan atau meminta sesuatu, biasanya memakai pola “Sumimasen ga,….”.

Ada lagi cara yang lebih kuat untuk mengatakan Maaf yaitu menggunakan kata “Gomen Nasai”. Untuk menyatakan meminta maaf atas kesalahan,kekeliruan, gangguan atau kesulitan yang telah dilakukan. Ungkapan-ungkapan di atas tersebut ini sangat sering diucapkan dalam percakapan bahasa Jepang.


Aksi

Information

2 responses

13 12 2009
Maysita

Arigat0u g0zaimasu yoroshiku 0negaishimasu . Ja,mata.

24 02 2010
verkira

Domo arigatou gozaimasu…..

Tinggalkan komentar